02 Mei 2009

Cara Membuat Style Keyboard Yamaha Praktis

FORMAT STYLE
Format dasar file style yamaha adalah MIDI dengan format 0 hanya saja ekstension filenya bukan MID tetapi STY. Sehingga dapat pula kita buka dengan Software untuk mengedit file MIDI seperti Calkwalk, MTPro, Cubase dll. Perlu diingat jika dibuka, ketika akan diopen nama file ketik *.*, sehingga semua file terbuka. Kemudian jangan di Save maupun Save As karena file STY ada kekhususnya. Jika dipaksakan paling mungkin kita edit dengan CASM Edit. (Penulis tidak dapat menjamin hasil file Save-nya akan berjalan dengan bagus)

PEMBAGIAN CHANNEL DALAM STYLE
Seperti kita ketahui dalam Style Yamaha tiap chanel sudah terbagi-bagi yang diperuntukan alat musik yang dimainkan. Dapat dijelaskan sebagai berikut:
Channel 9 : Sub Drum atau dapat digunakan alat musik yang lain
Channel 10 : Drum
Channel 11 : Bass
Channel 12 - 16 : Alat musik yang lain termasuk jika ada melodi tambahan
Sebenarnya kecuali Channel 10 (drum) semuanya fleksibel. Pembagian diperuntukkan memudahkan dalam membuat style dari Scrap (Buat satu Channel per Channel bukan memotong dari MIDI song).

Batasan Ukuran Bar dalam Style
Dalam file style yang biasa dimainkan itu terdiri dari Intro/Main/Fill In/Ending yang dibatasi dengan ukuran Bar (Kotak Birama). Batasan Bar yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:
Intro : Dapat panjang (Penulis pernah membuat sebanyak 32 Bar)
Main : 8 Bar
Fill In : 1 Bar
Ending : Seperti Intro
Hal ini perlu kita ketahui untuk menentukan potongan File MIDI yang akan kita Konvert menjadi File Style.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Featured